WAYANG KERTAS BERSAMA KOMUNITAS KANADITYA

Kelas pasar hari Sabtu tanggal 11 Agustus 2018 ini berjalan seru dan menyenangkan! Semua anak bersemangat dan penuh tawa. Kenapa? Karena ada lomba membuat ‘Wayang Kertas’! Waaaah!

Pukul 11 pagi seperti biasanya 20 anak-anak buruh suwun sudah berkumpul di Kelas Pasar yang terletak di lantai 3 bangunan pasar tradisional ex. Tiara Grosir, Denpasar – Bali. Setelah kegiatan awal yang selalu diisi oleh doa bersama, kak Indah Nurdiana yang hari itu menjadi Kakak Pengajar kelas ketrampilan kali ini mulai menjelaskan langkah dan cara membuat Wayang Kertas, dibantu oleh para relawan lain seperti kak Agung, kak Patricia, kak Debby, kak Rahde dan kak Komang.

“Sebelumnya kami juga menjelaskan tujuan mengapa kita membuat Wayang Kertas ini, yaitu untuk mengembangkan kreativitas berdasarkan cinta pada budaya lokal,” jelas kak Indah yang juga menjabat sebagai Ketua Umum Komunitas Kanaditya ini.

Kreasi Wayang Kertas kali ini sebenarnya begitu sederhana dengan bahan-bahan seperti kertas Origami (berbagai ukuran), tusuk sate (untuk ditempel sebagai pegangan Wayang Kertas), lem atau selotip bolak-balik (double tape) serta pernak-pernik untuk hiasan / aksesoris.

Adakah kesulitan yang dihadapi dalam Kelas Ketrampilan kali ini?

”Kami hampir tidak mendapatkan kesulitan karena Wayang Kertas ini dibuat berdasarkan tokoh atau gambar yang disukai anak-anak. Ada juga yang membuat kipas. Paling hanya masalah kerapian saja yang perlu diperbaiki,” tutur kak Indah yang berambut lurus ini.

”Ke depannya, Komunitas Kanaditya akan terus melatihan anak-anak buruh suwun ini dalam kesabaran, ketelitian dan kerapian. Anak harus belajar untuk telaten dan tekun,” imbuh kak Indah.

Puncak kegiatan hari itu diisi dengan acara penilaian hasil karya Wayang Kertas yang dibuat oleh anak-anak buruh suwun ini. Semua membuat Wayang Kertas dengan hasil yang bagus dan cukup kreatif, bahkan ada yang membuat lebih dari dua kreasi!

”Penilaian berdasarkan pada kerapian, kreativitas dan harmoni perpaduan saat memilih warna kertas,” jelas kak Indah.

Dan siapakah juaranya?

Ternyata semua anak menjadi juara dan mendapat hadiah berupa kotak pensil, kotak bekal dan gelas yang lucu-lucu. Seru!

Untuk info jadwal kegiatan, silakan ikuti Instagram @komunitaskanaditya atau hubungi kami melalui email: kanadityaa@gmail.com

Salam Kanaditya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *